Jumat, 24 Oktober 2014

Jenis Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif merupakan sebuah model pembelajaran yang dalam pelaksanaannya mengutamakan pemanfaatan kelompok-kelompok siswa. Ada beberapa jenis pembelajaran kooperatif.

1. TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction)

Pembelajaran kooperatif tipe ini merupakan penggabungan dari pembelajaran kooperatif dan juga individual.pada model pembelajaran ini sebenarnya siswa belajar dalam satu kelompok namun mempelajari unit materi pelajaran. Teman dalam satu kelompok akan memeriksa pekerjaan teman yang lainnya serta memberikan bantuan yang dibutuhkan. Tes baru diberikan di akhir unit tanpa diberi bantuan oleh temannya dan diberi penilaian.

2. STAD (Student Teams Achievement Division)

Model pembelajaran tipe ini, siswa dikelompokan dalam kelompok-kelompok kecil yang dinamakan unit. Lalu guru memberikan presentasi materi pelajaran, kemudian siswa diberikan tes dan dinilai secara individu yang kemudian digabung menjadi nilai tim. Meskipun penilaian dilakukan secara individual namun siswa tetap dituntut untuk meningkatkan kinerja serta prestasi timnya.

3. Jigsaw

Pada tipe pembelajaran kooperatif ini anggota kelompok ahli mengajarkan keahliannya kepada anggota kelompok asalnya.

4. NHT (Numbered Heads Together) – Kepala Bernomor Bersama

Pada mode lpembelajaran ini, siswa diminta untuk menomori diri mereka sendiri dalam kelompoknya dari 1 sampai 4. Guru mengajukan pertanyaan. Dan siswa yang dapat menjawab pertanyaan harus mengangkat tangannya. Uniknya yang harus menjawab pertanyaan tersebut bukan hanya siswa yang mengankat tangan tetapi semua siswa daari kelompok lain yang juga memiliki nomor kepala yang sama dengan siswa yang mengangkat tangannya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda. Terimakasih telah berkunjung.

Artikel menarik lainnya :
media pembelajaran biologi untuk siswa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar