Rabu, 01 April 2015

Macam-macam metode pembelajaran

Proses belajar mengajar dapat dikatakan baik apabila penggunaan metodenya dilakukan secara bergantian dan tidak terpacu pada satu metode. Masing-masing metode tentunya memiliki kelemahan kelebihan, disini diperlukan peran seorang guru agar mampu menentukan metode mana yang paling tepat untuk digunakan. Djamarah menyebutkan beberapa macam metode pembelajaran, berikut penjelasannya:

a. Metode proyek

metode proyek merupakan metode pembelajaran yang dalam penerapannya bertumpu pada suatu masalah. Awalnya penggunaan metode ini berasal dari pandangan bahwa pemecahan masalah melibatkan beberapa mata pelajaran yang terkait dengan pemecahan masalah tersebut.

b. Metode eksperimen

metode eksperimen ini menitik beratkan pada percobaan, siswa diajak untuk melakukan percobaan dengan membuktikan dan mengalami sendiri suatu permasalahan yang sedang dipelajari.

c. Metode tugas atau resitasi

metode ini biasanya digunakan karena alokasi waktu yang terlalu sedikit sedangkan materi akan dipelajari terlalu banyak. metode resitasi atau penugasan adalah metode yang digunakan guru untuk melatih siswa menyajikan materi.

d. Metode diskusi

metode diskusi ini digunakan untuk memecahkan masalah secara bersama-sama. Hasil yang akan dicapai dari metode diskusi adalah siswa mampu berinteraksi, saling tukar informasi, pengalaman untuk memecahkan masalah.

g. Metode problem solving

metode ini bukan hanya sebatas metode mengajar saja. Namun juga metode berfikir, dalam metode problem solving dapat menerapkan metode-metode lainnya. Seperti mencari data hingga membuat kesimpulan.

Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar